Thursday, October 26, 2017

4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga

4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga
4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga
4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga  - Jujur saya akui, olahraga itu berat dan bisa konsisten olahraga itu lebih berat lagi, jauh lebih berat daripada harus mantengin laptop seharian dan ngerjain suatu hal yang kita punya passion banget di situ, atau kita justru paling betah kalau "harus" nge-mall seharian penuh dan sampai rumah badan kaki pegal-pegal. Parahnya kita merasa itu sudah seperti olahraga, nah ini salah besar kak. Kalaupun sudah bisa olahraga paling-paling sebulan sekali atau dua minggu sekali itu sudah baik.

Nah dari pengalaman pribadi yang saya alami bersama keluarga, setelah coba saya simpulkan ternyata ada 5 cara jitu yang akan membuat kita jadi jauh lebih semangat olahraga.

Berikut ini  4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga :




1. Temukan Motivasi Terkuatmu
Setiap orang punya motivasi yang berbeda-beda untuk melakukannya. Ada yang karena tidak ingin perutnya gendut dan makin menggelambir, atau karena ingin tampil seksi di mata suami, tapi bisa juga karena perintah dokter yang bila tidak dilakukan maka dia akan beresiko terkena serangan jantung mendadak. Ajukan 2 pertanyaan ini yang bisa membantu menggali mencari motivasi terkuat.

Apa manfaat yang kita dapatkan kalau kita lakukan hal ini sekarang?

Penyebab orang bisa termotivasi bermacam-macam, namun satu hal yang harus kita taruh di mindset "maukah kita jadi lebih baik?", stamina menjadi lebih prima, badan tampak keren dan proporsional, bisa menemani anak-anak hingga dewasa, menikmati hari tua bersama istri dan melihat cucu-cucu kita tumbuh besar bermain bersama mereka.

Kerugian apa yang kita akan tanggung bila kita menunda dan terus menunda?

Resiko serangan jantung, mati muda, meninggalkan istri dan anak-anak kita tanpa suami dan bapak, sakit-sakitan di usia muda dan bahkan menjadi tidak produktif di saat teman-teman kita mencapai puncak karirnya. Perhatikan baik-baik sekitar kita, betapa banyak saat ini teman, kerabat dan orang yang kita kenal meninggal di usia muda, 30 dan 40-an dengan berbagai macam penyakit yang paling populer diantaranya jantung dan kanker.

2. Pilih Waktu yang Paling Nyaman

Kendala berikutnya adalah di waktu, pola yang sering kita tahu adalah olahraga di pagi hari. Nah problemnya adalah tidak semua bisa bangun pagi atau bahkan kita harus berangkat kerja pagi sekali sehingga tidak ada waktu untuk olahraga. Maka kita balik polanya, waktu olahragalah yang akan mengikuti waktu longgar kita, kalau yang memungkinkan di malam hari, gak papa lakukan saja.

Ini yang suami saya lakukan setiap jam 8 atau 9 malam kurang lebih 30 menit, dia bersepeda statis sambil nonton tv kabel, tak terasa ternyata setiap hari nya bisa mencapai 400kalori dan ditambah sit up 4 set (15 kali per set) dan push up 3 set (10 kali per set). Kalau tidak ada waktu sama sekali gimana?, nah kalau ini yang anda pikirkan maka rasanya harus balik ke poin 1, motivasi anda kurang kuat. Karena kalau sudah punya motivasi maka kita akan sempatkan bagaimanapun sempit waktu kita.

Jenis olahraga apa yang dilakukan, sesuaikan saja dengan waktu dan tempat. Kalau malam hari tentunya bersepeda statis akan lebih nyaman, sementara jalan cepat akan lebih tepat dilakukan di pagi hari, lakukan yang paling nyaman untuk anda, disini kuncinya adalah bentuk pola dan rutinitas.

3. Temukan Orang-orang yang Setujuan

Saya melakukan senam yoga dengan ibu-ibu di komplek rumah dan suami walaupun sepertinya bersepeda statis sendirian tapi dia nyaman sambil nonton film di tv kabel dan dia juga berkompetisi melalui apps endomondo dengan teman-teman kuliahnya. Berbarengan bersama-sama menuju satu tujuan tentu akan membuat kita lebih semangat daripada menjalaninya sendirian, ya seperti nonton bioskop dulu jaman kuliah tentu akan lebih menyenangkan bersama teman-teman daripada sendirian bukan. Disini kuncinya adalah temukan teman seperjuangan anda, dan salinglah menguatkan.

4. Berikan Fasilitas dan Reward

Seperti memilih pekerjaan tentunya kita akan lebih bersemangat di tempat yang memiliki fasilitas komplit dan tunjangan lengkap, begitu juga olahraga. Lengkapi diri anda dengan baju senam yang sesuai dengan aktifitas olahraga anda. Tentunya baju senam aerobik indoor dengan outdoor akan beda, begitupun senam yoga selain baju senam juga diperlukan matras yoga.

Itulah info tentang 4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara Jitu Membuat Lebih Semangat Olahraga

0 comments :

Post a Comment