Monday, October 30, 2017

4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis

4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis
4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis
4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis - Saat seseorang terjun ke dalam dunia bisnis, berarti ia harus siap berkompetisi. Namun persaingan bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan secara berlebihan, apalagi membuat kita takut dan enggan melanjutkan bisnis. Sebab jika kita melihatnya dari segi positif, kompetisi merupakan salah satu pemicu kemajuan, untuk mencapai sesuatu yang lebih baik lagi. Bagaimana menaklukkan kompetisi? Berikut beberapa langkah strategis yang dapat kamu lakukan.

 4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis

1.Persenjatai diri dengan riset

Dalam buku The Art of War, Sun Tzu, ahli strategi militer dan perang era Cina kuno, mengungkapkan kalimat yang terkenal “Know your enemy” atau “Kenalilah musuhmu”. Hal ini juga dapat diterapkan dalam persaingan bisnis. Untuk itu, riset adalah langkah pertama yang sangat penting dalam memasuki persaingan bisnis.

Kamu harus mencari tahu berapa banyak kompetitor potensial yang akan dihadapi. Selain itu, kamu pun harus mengenali kelemahan, dan juga kelebihan mereka untuk kemudian membandingkannya dengan usahamu sendiri. Caranya? Misalnya, coba maksimalkan penggunaan internet dan perpustakaan, untuk penggalian informasi.

Kamu juga dapat melakukan wawancara dan survei sederhana, yang dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai kompetitor potensial. Manfaatkan pula jejaring strategis atau relasi yang kamu miliki sebagai sumber kekuatan informasi. Intinya, buka mata dan telinga, dan jangan ragu untuk melihat sesuatu yang selama ini tidak kamu perhatikan.

2.Pemetaan kompetitor

Masih dalam konteks mengenali lawan, riset akan memberikan gambaran singkat mengenai kompetitor yang dihadapi. Nantinya kamu dapat melakukan pemetaan terhadap dua jenis kompetitor. Yang pertama adalah kompetitor yang digolongkan dalam strategic group. Mereka yang berada dalam golongan ini, memiliki banyak kesamaan dengan usaha yang kamu jalankan. Misalnya, memiliki produk dan keterampilan seperti yang kamu tawarkan, atau memiliki strategi pemasaran seperti yang kamu lakukan.

Kelompok kedua adalah mereka yang mungkin tidak nampak sebagai kompetitor, namun pada prakteknya, konsumen dapat memilih mereka saat ingin memenuhi kebutuhan tertentu. Misalnya, kamu merasa ide untuk membuka bisnis karaoke di daerah tertentu merupakan ide orisinil, karena belum ada kompetitor yang bermain di bidang yang sama. Namun di wilayah tersebut, terdapat bioskop atau mal. Kendati tidak berhadapan secara langsung sebagai pesaing, namun kondisi ini harus tetap diperhitungkan, karena konsumen memiliki pilihan lain untuk melakukan hiburan atau refreshing.

3.Unique selling point

Sebanyak apapun kompetitor yang kamu temukan saat melakukan riset, kamu harus yakin dan mengutamakan Unique Selling Point (USP). USP sendiri merupakan nilai yang membuat usaha kamu unik dan berbeda dari yang lain. Inilah senjata kamu. Keunikan inilah yang kamu harus perkuat, sehingga dapat mengatasi persaingan.

4.Ambil risiko dan terus berinovasi


Setelah melalui beragam proses untuk mengenali kompetitor potensialmu, lakukanlah rencana bisnis yang telah dibuat dan berfungsi sebagai ‘peta jalan’ dalam menjalankan bisnis. Kamu harus berani mengambil risiko, sambil terus memperbaiki dan mengevaluasi bisnis secara berkala, dengan sejumlah perkembangan informasi terbaru. Tingkatkan kreativitas untuk mengemas produk lebih menarik dan berinovasi meningkatkan kualitas.

Itulah 4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis, semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara Jitu Memenangkan Kompetisi Bisnis

0 comments :

Post a Comment