Saturday, October 28, 2017

4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita

4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita
4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita
4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita - Memberikan si kecil makan setiap hari terkadang diperlukan kesabaran saat ayah bunda harus adu argumentasi dengan si kecil yang terkadang menutup rapat mulutnya saat disuapi bunda.

Tentu masalah ini menghawatirkan bunda karena jika si kecil susah makan, bagai mana dengan perkembangan tubuhnya? Takutnya mereka jadi gampang sakit atau berat badan dibawah angka standar. Adakah cara yang bisa dilakukan agar si kecil makan lahap tanpa harus bersusah payah mengejar si kecil yang melarikan didi saat sendok makanan diarahkan kemulutnya?

Sebenarnya dengan cera dan tehnik tertentu ayah bunda dapat mengatasi masalah si kecil yang susah makan tersebut. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa bunda coba.

 4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita

1. Ketahui porsi idealnya. 

Ukuran porsi makan si kecil tidak bisa disamakan dengan porsi orang dewasa. Menurut seorang dokter anak dari Kansas, Amerika Serikat, Sarah Hampl, MD., porsi makan ideal si kecil bisa ditakar berdasarkan ukuran tangan mereka. Berikan sumber protein seperti daging ayam, atau sapi seukuran telapak tangan mereka dan sumber karbohidrat beserta sayur dan buah masing-masing sebesar kepalan tangan mereka per sekali makan. Khusus cemilan, berikan seukuran genggaman tangan si kecil.

2. Jadwal makan yang teratur. 

Buatlah jadwal makan yang teraur 3 kali makanan utama dan 2 kali makanan cemilan sehat setiap harinya. Berusahalah untuk selalu agar ritme makan si kecil tetap, jika saatnya makan siang ya bunda harus segera memberikan mereka makan siang.

3. Kenalkan variasi makanan sejak dini. 

Mulai si kecil berusia 6 bulan, sebaiknya bunda mulai memberikan makanan halus dari berbagai jenis makanan dari kelompok sayur, buah, berbagai jenis sumber protein, dan berbagai jenis sumber karbohidrat dalam menu makanan mereka.


4. Kenalkan makanan padat diusia tepat. 

Berikan secara bertahap dari mulai makanan semi padat dan bertekstur hingga makanan padat agar pencernaan mereka mulai belajar mengenali dan mencerna jenis makanan tersebut.

Itulah 4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita, semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara jitu menyiasati masalah susah makan pada anak balita

0 comments :

Post a Comment