Friday, October 27, 2017

4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung

4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung
4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung
4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung - Kesulitan menabung tidak hanya terjadi pada karyawan baru yang seringkali belum menerima gaji “full” di masa-masa awal bekerjanya. Bagi mereka yang sudah lama bekerja pun jangan disangka kalau sering juga mengalami hal ini. Mengapa? Salah satunya karena gaya hidup yang berubah seiring perjalanan karir mereka.

Menyisihkan gaji untuk ditabung pada dasarnya membutuhkan komitmen, yakni komitmen untuk konsisten menjalankan strategi keuangan yang telah disusun. Kami coba berbagi beberapa tips untuk membantumu menyisihkan tabungan dari gajimu tiap bulan.

 4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung

 1. Tentukan besarnya uang tabungan tiap bulan
Tidak ada literatur pasti berapa persentase gaji yang harus dialokasikan untuk uang tabungan. Beberapa praktisi mengatakan jumlahnya sekitar 10 – 50% dari penghasilan. Menurut Godo Tjahjono, SE, M Si, RFC, Praktisi Bisnis dan Keuangan dikutip dari kompas.com terdapat tiga acuan mementukan jumlah tabungan.

Pertama, jumlah tabungan yang sudah kamu miliki saat ini. Minimal kamu harus punya tabungan untuk menghidupimu 3 – 6 bulan mendatang. Kedua, berapa cicilan yang masih kamu miliki. Jangan mengambil cicilan yang besarnya melebihi 30 persen dari penghasilanmu.

Terakhir, tentukan tujuanmu menabung. Dengan mengetahui tujuanmu menabung, kamu bisa lebih bersemangat menyisihkan uang tiap bulan, misalnya untuk menikah, membiayai orang tua atau adik kuliah, dan sebagainya. Selain itu, tahu tujuan menabung juga membantumu melakukan estimasi berapa rupiah yang harus kamu sisihkan tiap bulannya.


2. Segera menabung

Jika hari gajian tiba, segera simpan uang tabungan yang sudah kamu tentukan jumlahnya tiap bulan. Lebih aman jika kamu menggunakan rekening khusus agar uang tabunganmu tidak tercampur dengan uang pengeluaran lainnya. Berkomitmenlah untuk tidak mengganggu rekeningmu yang satu ini!


3. Buat rencana pengeluaran

Banyak orang enggan membuat rencana pengeluaran karena pekerjaan ini akan memakan waktu. Namun, pekerjaan ini pulalah yang akan menyelamatkanmu dari kebangkrutan dini.

Setelah mengalokasikan uang tabungan, buat rencana pengeluaran. Kenali apa saja yang menjadi kebutuhanmu tiap bulan. Kurangi kebutuhan yang belum penting untuk saat ini jika memang gajimu belum memungkinkan memenuhi semuanya. Ketika hari gajian tiba, segera alokasikan uangmu di pos-pos yang sudah kamu buat.

Cara ini efektif khususnya bagi kamu yang masih menjadi newbie di dunia kerja. Membuat rencana pengeluaran bisa membantumu mengontrol pengeluaran yang kurang penting untuk saat ini.


4. Berbelanja satu minggu sekali
Cara untuk menabung adalah mengalokasikan pengeluaran sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Tujuannya agar uang tabungan bisa aman di tempatnya. Menurut Brittney Castro, CEO Financially Wise Woman dikutip dari cnbc.com, salah satu cara berhemat adalah dengan mengurangi makan di luar. Hal ini cocok sekali bagi kamu yang kebetulan tinggal di kost. Kamu bisa berhemat dengan memasak sendiri makananmu. Berbelanja setiap minggu juga bisa memangkas pengeluaran yang tidak penting. Berbelanja sayur juga bisa jadi refreshing menyenangkan dan hemat bukan?!

Itulah 4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung, semoga bermanfaat




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung

0 comments :

Post a Comment